Rabu, 09 Juni 2010

Mengapa Organik Bisa Membuat Orang Sehat, Cantik, Langsing dan Awet Muda ?

ORGANIC LIFESTYLE BOOK


Apakah Makanan Organik?



Perkataan “organik” sebenarnya bermaksud “berasal dari tanah”. Singkatnya, membawa arti “asli, alami, tidak tercemar dan lain2”, yaitu sifat2 produk pertanian yang dapat digunakan setiap hari. Beberapa contoh produk organik termasuk sayur2an, vitamin, pasta gigi, sabun, sabun cuci dan lain sebagainya.

Bapak teori organic, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa “makanan organik” berarti seluruh produk pertanian yang bebas dari pupuk kimia, bahan kimia atau bahan tambahan sejak permulaan, yaitu seluruhnya alami. Beberapa contoh cara2 bertani tersebut termasuk membajak tanah secara tradisional, menggunakan pupuk alami atau tanah yang memang subur, atau memasukkan cacing kedalam tanah untuk menggemburkan tanah melalui kegiatan penggalian lubang yang alami. Hal ini menyebabkan tanah teroksidasikan, sehingga meminimalkan pencemaran tanah, udara, dan air di kawasan tanah tersebut. Walaupun pupuk2 kimia dapat membantu pertumbuhan, meningkatkan produktivitas tanah dan selanjutnya memberikan hasil yang lebih baik, namun hasil tersebut hanya indah di pandang tanpa banyak manfaat. Produk2 hasil tani tersebut, mungkin banyak mengandung air yang mempengaruhi rasa asli sayur2an atau kwalitas makanan tumbuh2an itu.

Peternakan hewan secara organik juga dimulai dengan pemberian makanan organic. Makanan2 tersebut bebas dari hormon pertumbuhan, dan hewan ternak juga tidak perlu disuntik dengan hormon tambahan lain. Misalnya, jika sapi penghasil susu diternak di padang rumput organik, maka susu dan daging yang dihasilkan juga dikategorikan sebagai produk organic. Siapa saja yang pernah memakan daging ayam “kampung” tentu saja berpendapat bahwa daging ayam tersebut lebih sedap dibandingkan dengan daging ayam yang berasal dari peternakan komersil.

Oleh itu, Dr. Henry Chang yakin bahwa umur manusia dapat mencapai 100 tahun, tetapi sebagian besar manusia tidak dapat berumur panjang karena makanan mereka mengandung terlalu banyak bahan kimia. Hal ini mempengaruhi fungsi2 sistim kekebalan mereka, sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi, kanker darah (leukemia) serta penyakit2 masa kini lainnya. Pada dasarnya, banyak Negara di dunia telah setuju untuk menuju kearah mencipta sebuah “bumi organik”. Jika makanan organik menjadi popular diseluruh dunia, sehingga dapat mengubah kebiasaan makan dan minum kita, maka tujuan ideal “hidup sehat”, panjang umur memang bukan hanya impian.




Gaya Hidup Organik Tanpa Pencemaran
Harapan Baru Manusia Abad ke-21

Makanan Organik dan Cara Hidup Organik Merupakan Cara Yang Baik


Manusia adalah satu2nya didunia ini yang mendambakan kesehatan, kebaikan, dan kecantikan. Dalam usaha mencapai keinginan ini, kesehatan tubuh paling diutamakan ini disebabkan tanpa kesehatan fisik dan mental semua kebenaran dan kecantikan tidak lagi berarti. Dan seseorang yang tidak sehat tidak akan merasa gembira, walau banyak hal didunia ini yang dapat membawa kepuasan misalnya, kekayaan, kekuasaan, kecantikan, kesuksesan, namun jika tubuh kita tidak sehat, hidup seseorang itu pasti sengsara karena dia terpaksa terus berikhtiar untuk terus hidup dan tidak sanggup menikmati kekayaannya dan status tinggi yang telah diperolehnya.

Beberapa orang hanya menyadari betapa pentingnya kesehatan tubuh apabila mereka mengalami ketidak nyamanan atau diserang penyakit. Ada pepatah yang mengatakan “cegah sebelum terjadi” patutlah dijadikan pedoman hidup.

Pencegahan penyakit adalah langkah yang paling efektif dari semua teknologi tinggi dibidang pengobatan. Dalam hal ini, kita perlu memahami sebab2 setiap jenis penyakit terlebih dahulu misalnya, penyakit kanker, yang banyak menyerang disaat ini, mungkin berawal dari gaya hidup yang tidak sesuai dan lingkungan yang tidak sehat. Oleh sebab itu kita harus ber-hati2 memilih makanan dan obat2 karsinogenik. Tekanan darah tinggi, lemah jantung, arteriosklerosis, dan lain2, kebanyakan berawal dari masalah peredaran darah. Oleh sebab itu kita harus ber-hati2 memilih makan dan rajin berolahraga untuk meningkatkan dan melancarkan peredaran darah serta metabolisme tubuh. Hal2 seperti ini kelihatan rumit, tetapi sebenarnya mudah dilaksanakan.

“Gaya hidup bebas pencemaran” telah menjadi aliran popular di seluruh dunia. Produk2 organik juga mulai disukai banyak orang. Makanan organik bisa diperoleh di-mana2 saja. Se-tidak2nya anda dapat menghindari makanan yang bukan organik, dengan demikian tubuh yang sehat dan hidup yang sejahtera memang bukan impian.

Faktor Penting Untuk Kesehatan dan Memperpanjang Umur
Gaya Hidup Organik Dan Konsep Penyembuhan Alami





Gaya Hidup Organik :

1. Hidup selaras dengan alam
2. Banyak minum air
3. Dapatkan sinar matahari dan udara yang mencukupi
4. Berolahraga untuk kesehatan dan panjang umur
5. Lakukan tingkah-laku dan emosi yang baik untuk mengurangi tekanan
6. Jangan merokok, minum minuman keras dan hindari obat2an terlarang
7. Pilih makanan organik yang tidak tercemar


Q & A

Apakah faktor utama penyebab penyakit?
Sebagian besar penyakit disebabkan oleh toksin yang terkandung dalam tubuh manusia.


Bagaimanakah toksin mulai menumpuk di dalam tubuh manusia?
1. Makanan se-hari2 yang mengandung bahan2 pewangi, bahan pengawet, racun binatang perusak, antibiotik dan pupuk kimia.
2. Kurang memakan sayur2an dan buah2an.
3. Penggunaan obat2an yang berbahaya.
4. Cara memasak yang tidak benar.
5. Ramuan yang berbahaya.
6. Kebiasaan2 yang tidak baik seperti merokok, meminum minuman keras dan minum kopi yang berlebihan.

Seandainya toksin berada di dalam sistim pendarahan tubuh manusia, bagaimanakah toksin tersebut dapat membahayakan tubuh manusia?
Kandungan toksin di dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama dapat memusnahkan tiga sistim pembersihan toksin utama :
1. Sistim penyaringan hati dan ginjal
2. Sistim pencernaan
3. Sistim endokrin-kelenjar pituitari, kelenjar adrenal, kelenjar gondok
Sistim dalam tubuh manusia biasanya bekerja keras untuk melawan dan membersihkan toksin dalam tubuh. Hasilnya, secara otomatis sistim penyaringan tersebut memperlihatkan beberapa tanda penyakit.




Apakah yang disebut ‘naturopati’?

Terdapat 3 cara untuk memulihkan tubuh manusia ke asalnya :
1. Cara pengobatan Tibet = dengan menggunakan toksin untuk melawan toksin.
2. Cara pengobatan barat = memusnahkan seluruh jenis virus dan kuman di dalam tubuh
3. Cara pengobatan tradisional = berdasarkan cara pembersihan toksin, contoh penganut aliran tersebut adalah Henry G. Bieler dari Amerika Serikat
Cara pengobatan barat telah menjadi aliran utama dunia pengobatan saat ini. Penciptaan obat2an telah banyak memberikan sumbangan terhadap usaha melawan berbagai penyakit menular. Walaupun demikian, apabila hal tersebut berkenaan dengan penyakit2 kronis seperti kanker, lemah jantung, kencing manis dan masalah hati, penyakit2 tersebut masih sulit untuk diobati.
Filsafat pembersihan toksin dalam naturopati, memahami penyebab penyakit dan mengindikasi penyebab2 toksin, akan dapat membantu pengeluaran toksin dari tubuh manusia dan memberikan kesehatan. Cara pemikiran seperti ini yakin bahwa kebiasaan hidup yang tidak baik, penyalah-gunaan obat2an dan cara makan yang salah dapat lebih merusak lagi sistim penyaringan tubuh manusia, sehingga menyebabkan penyakit.

Bagaimanakah hubungan toksin dengan penyakit2 kronis?
Makanan saat ini mengandung banyak campuran kimia yang dapat menyebabkan pencernaan yang tidak baik. Selain itu, tekanan perasaan yang terus menerus, kebiasaan merokok dan meminum minuman keras akan menyebabkan sistim dalam tubuh manusia semakin lemah dan dipenuhi oleh toksin. Hal tersebut menjadi penyebab utama penyakit2 kronis.

Bagaimanakah anda dapat menyesuaikan dasar2 ‘naturopati’ di dalam kegiatan anda se-hari2?
Naturopati yakin bahwa penyebab utama penyakit adalah hasil dari makanan dan obat2an termasuk :
1. Toksin dalam makanan (pewangi tiruan,toksin binatang perusak, antibiotik, bahan pengawet dan lain2).
2. Cara memasak makanan yang tidak benar (makanan dimasak terlalu lama).
3. Makanan yang terlalu pedas dan terlalu banyak bumbu, kurang memakan sayur2an dan buah2an yang kaya dengan vitamin dan serat.
4. Penyalah-gunaan obat2an (segala macam jenis obat2an yang mengandung toksin dan memberikan efek samping).
5. Kebiasaan hidup yang kurang sehat (tekanan perasaan, kurang tidur, kurang berolah-raga).

Apakah asal usul dasar ‘naturopati’?

Manusia telah membentuk tubuh manusia sebagai peralatan yang serba lengkap. Namun tubuh kita telah dirusak dan dimusnahkan oleh sifat naif, penyalah-gunaan sumber2, dan sifat rakus. Penduduk negara maju biasa memakan makanan yang tercemar atau telah melalui proses2 yang tidak alami atau proses2 kimia untuk membuat makanan terlihat lebih baik dan membangkitkan selera. Mereka sering meminum alkohol, kafein atau bahan tambahan lain dalam makanan yang mengandung berbagai perangsang terhadap tubuh, yang menyebabkan toksin di dalam tubuh. Manusia sering lupa cara paling alami untuk hidup merupakan dasar kesehatan yang baik. Oleh karena itu, penting bagi kita kembali ke cara yang paling dasar atau paling tradisional untuk mendapatkan zat dari makanan untuk mendapatkan manfaat alami. Biasanya, kita harus kembali kepada fungsi alami dari sistim tubuh kita untuk memulihkan bagian dalam tubuh yang paling sempurna. Manusia dapat menikmati kesehatan alami dengan cara tersebut. Melakukan pengobatan atau pembedahan harus merupakan pilihan terakhir. Pemulihan yang terbaik adalah cara alami dan dokter terbaik untuk memulihkan segala penyakit masih tetap diri anda sendiri

Apakah dasar teori organik?

Teori organik bertentangan dengan cara modern yang tidak alami yang mungkin mengandung toksin atau membahayakan kesehatan manusia. Teori tersebut berusaha kembali kepada cara produksi tradisional, yang bebas dari pencemaran. Gaya hidup organik yang terus menerus dari dasar2 tersebut :
- Lingkungan yang bebas dari pencemaran
- Pikiran yang bebas dari pencemaran
- Kebiasaan memakan makanan yang bebas dari pencemaran
- Masyarakat yang bebas dari pencemaran
Ke empat2 faktor tersebut jelas memberi dampak terhadap cara manusia makan dan hidup, termasuk kehidupan dan kesehatan kita di abad ke-21.

Apakah perbedaan antara sesuatu makanan yang bebas pencemaran dan sesuatu makanan yang biasa?
Makanan Bebas Pencemaran (5 bintang) :


1. Cara penanaman
2. Bebas dari bahan kimia, pupuk dan toksin binatang perusak
3. Hewan ternak yang dipelihara di tempat terbuka
4. Tanaman yang dipelihara di dalam lingkungan tertutup, bebas dari cahaya matahari dan berkonsep hijau, bebas dari pencemaran
5. Lingkungan yang bersih dan tenang bagi pertumbuhan alami kawasan di sekitarnya, tidak terkena oleh faktor lain atau gangguan.
Penanaman Biasa (1 bintang) :
1. Sejenis tumbuhan yang ditanam pada waktu tertentu
2. Ditanam di dalam lingkungan yang dipenuhi oleh manusia
3. Hewan ternak dipelihara pada tempat yang tertutup, sehingga hewan ternak tersebut membuang kotoran dan mencemarkan
tanah tersebut dan bila tidak dikontrol akan dapat menimbun toksin
4. Tanah tersebut mungkin akan mengalami penurunan kualitas / mutu
5. Memberi makanan yang tidak benar kepada hewan ternak dapat berpengaruh buruk terhadap kualitas / mutu air atau tanah dan
air dibawah tanah tersebut.
25 tahun yang lalu, sekelompok vegetarian menghasilkan penemuan bahwa pencemaran dan kesehatan berhubungan erat. Oleh karena itu di Amerika Serikat, sebidang tanah yang bebas sepenuhnya dari pencemaran telah di bagi2kan untuk pertanian secara organik. Produksi bahan2 tersebut dianggap organik sepenuhnya, bebas dari bahan kimia dan produk tersebut dinyatakan mempunyai standar bebas pencemaran.

Apakah yang disebut penyembuhan alami?

Filsafat penyembuhan alami adalah, dengan lingkungan yang tepat, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tenaga penyembuhan tersebut akan membentuk kemampuan penyemnuhan diri sendiri kepada setiap orang.
Rumusan makanan khusus terutamanya makanan organik dapat memberikan keseimbangan atau membersihkan tubuh anda dari bahan2 berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap.

Bagaimanakah rumusan makanan organik khusus dapat digunakan setara dengan keinginan berpuasa?
Manusia menganggap berpuasa sebagai suatu cara penyucian dalam tubuh. Namun demikian, dengan adanya rumusan makanan organik khusus akan lebih sempurna untuk digunakan sebagai pembersih toksin yang alami dimana hasilnya tidak pernah anda rasakan selama ini.

Bagaimanakah cara terbaik untuk berpuasa?

Lebih banyak manusia makan, lebih banyak penyakit yang akan diderita. Seandainya kita mengingat kembali cara makan lama, pada saat ini, cara makan tersebut dianggap sebagai cara makan yang lebih baik. Berpuasa merupakan cara tradisional menjaga kesehatan namun saat ini menjadi cara yang paling disukai.
Untuk memelihara kesehatan, menurut studi pengobatan, Pengaruh berpuasa terhadap aspek fisiologi tubuh manusia termasuk :
1. Menghabiskan gizi yang berlebihan dan mengeluarkan toksin
2. Pengeluaran hormon aktif di dalam tubuh akan bertambah baik dan kembali ke cara penyembuhan alami
3. Hal tersebut dapat memberi efek terhadap ketahanan mental kita dan menstabilkan pikiran dari dalam sehingga dapat menuju ke arah alami. Dokter Henry Chang mengatakan bahwa berpuasa selama 2-3 hari dapat membersihkan saluran darah, berpuasa 4-5 hari dapat mengeluarkan seluruh toksin dari bagian hati dan jantung, dan berpuasa selama 7 hari dapat mengeluarkan toksin sepenuhnya dari tubuh manusia.
Bulan Pertama : 2 hari di awal bulan & 2 hari di akhir bulan
Bulan Kedua : 3 hari di awal bulan & 3 hari di akhir bulan
Bulan Ketiga : 4 hari di awal bulan & 4 hari di akhir bulan
Bulan Keempat : makan selama 5 hari
Bulan kelima : makan selama 6 hari
Bulan keenam : makan selama 7 hari

Kesimpulan :

1. Pada jangka waktu tersebut anda hanya diperbolehkan minum air atau memakan makanan cair.
2. Jus buah2an harus merupakan jus segar. Jika sistim pencernaan anda baik dan dapat mengikuti makanan berpantang (diet) jus
sepenuhnya. Jika tidak (jika anda mengalami sakit maag) jus tersebut tidak bisa terlalu kental.
3. Pada waktu itu anda perlu minum lebih banyak air. Jumlah cairan yang diminum tergantung pada kebutuhan tubuh anda. Minum 6-8 gelas sehari, setiap kali sebanyak 350cc.
4. Hindari dari makan tergantung kepada sistim tubuh anda dan perlu terdapat keseimbangan optimal. Jangan memaksakan diri jika
anda tidak dapat melakukannya, cobalah berpuasa selama 2 hari sebulan. Lakukan secara bertahap.

Adakah tanda2 lain pembersihan toksin setelah menggunakan Rumusan Makanan Organik Khusus dan berpuasa?
Setelah menggunakan Rumusan Makanan Organik Khusus dan berpuasa, anda mungkin mengalami tanda2 sebagai berikut :
1. Sering buang air besar yang berbau busuk
2. Setelah beberapa hari, kotoran akan terapung diatas air, dan berwarna kekuningan
3. Perut terasa sakit dan sering mengeluarkan angin
4. Mungkin anda akan mengalami rasa mual
5. Gatal2 dan bintik2 pada kulit
6. Badan terasa sakit2
7. Datang bulan yang banyak dan akan kembali normal dalam waktu tertentu
8. Rasa pening untuk sementara

Apakah anda perlu minum banyak air pada saat menggunakan Rumusan Makanan Organik Khusus dan berpuasa? Kemampuan orang tua menahan buang air kecil sedikit lemah dan perlu buang air kecil yang lebih sering. Sangat tidak nyaman bagi mereka untuk pergi ke kamar kecil pada waktu tengah malam.
Sangat penting untuk meminum air yang banyak apabila anda menggunakan Rumusan Makanan Organik Khusus dan berpuasa. Sebagian dari kita akan merasa sulit untuk kekamar kecil pada waktu malam. Sikap tersebut merupakan sikap yang tidak benar, sebab bagi mereka yang menderita penyakit darah tinggi, masalah jantung dan masalah saluran darah dapat diserang stroke atau lumpuh hanya karena mereka tidak mau bersusah payah membuang air kecil. Menurut statistik pengobatan, orang yang berusia setengah baya dan tua biasanya diserang stroke pada waktu tengah malam. Namun demikian, apabila manusia tidur kita mengeluarkan sejumlah air melalui pernafasan dan liang roma. Kepadatan darah di dalam saluran akan bertambah dan darah menjadi lebih kental, sehingga menyebabkan sumbatan di dalam saluran darah dan menyebabkan stroke atau sumbatan jantung.




Penanaman Organik :

Penanaman tumbuhan organic memerlukan tanah yang bebas dari pencemaran udara. Sebelum penanaman dapat dimulai, tanah diharuskan untuk tidak digunakan dalam waktu 2 sampai 7 tahun. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin bahwa tanah tersebut tidak terkena bahan2 kimia atau pencemaran lingkungan.

Cara penanaman tumbuh2an yang biasa akan selalu berkaitan dengan penggunaan pupuk buatan, racun serangga, suntikan perangsang serta bahan2 tambahan2 lain untuk mempercepat pertumbuhan. Hal tersebut sangat dilarang pada pertanian organic. Tanah2 sekitar pertanian organic juga harus bebas dari pencemaran untuk menghindari penularan ke kawasan yang digunakan untuk penanaman. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin makanan yang ditanam di kawasan tersebut berada pada tahap kwalitas yang paling murni.

Tahap2 memproduksi, termasuk panen, pemrosesan dan pembungkusan, harus diawasi secara ketat untuk menghindari pencemaran bahan2 kimia seperti pewarna tiruan, bahan pengawet, anti depresan. Apabila tahap2 memproduksi tersebut dijamin telah dilakukan maka produk tersebut baru dapat di kategorikan sebagai 100% organic dan bebas dari pencemaran.

Pengelompokkan / Klasifikasi Makanan:

Makanan se hari2 kita dapat dikelompokkan / diklasifikasikan menjadi 5 kelas yang terdiri dari kelas 1-bintang sampai dengan kelas 5-bintang (kelas terbaik) berdasarkan cara2 produksi makanan tersebut.

Cara2 produksi :

1. Kelas konvensional :

Pusat Pengaturan Makanan dan Obat2an Amerika (FDA) menentukan dosis penggunaan
racun tumbuh2an obat2an, dan bahan kimia (pupuk, racun binatang perusak, hormon
dan racun serangga perusak, kimia) secara ketat. Pada waktu penanaman atau
peternakan produk pertanian biasa, produk2 yang mematuhi peraturan pemakaian
dosis penggunaan racun tumbuh2an , obat2an dan bahan kimia pertanian akan
dianugerahi penilaian 1-bintang.

2. 100% Kelas Semua Murni :

Produk2 pertanian Kelas Konvensional, setelah diperas menjadi jus sayur2an dan
buah2an tanpa dicampur air, namun mendapat tambahan gula secukupnya yang
diijinkan (misalnya, pada saat penanaman pohon jeruk, jika dosis penggunaan racun
binatang perusak dan bahan kimia pertanian mematuhi peraturan pemakaian, jus
jeruk 100% yang diperas dari buah jeruk diijinkan untuk ditambah gula secukupnya
namun tidak ditambah dengan air). Produk ini akan dianugerahi penilaian 2-bintang.

Pertanian Organik memerlukan jangka waktu tanah dibiarkan / tidak digunakan selama 3 tahun. :

3. Kelas Peralihan 3 Tahun :

Seseorang yang akan memulai pertanian atau peternakan organic harus mengajukan
permohonan kepada Kementerian Pertanian, Pemerintah Amerika Serikat. Kementerian
ini akan menguji sisa2 racun binatang perusak dan bagian2 bahan kimia tanah, dan
tanah tersebut harus tidak digunakan / dibiarkan selama 3 tahun. Jika seseorang akan
memulai pertanian segera tanpa menggunakan racun binatang perusak dan bahan
kimia pertanian, hasil tanaman selama jangka waktu peralihan sebelum mencapai
masa peralihan 3 tahun akan dianugerahi penilaian 3-bintang.

4. Kelas Ekologi :


Pada akhir jangka masa 3 tahun, tanah akan bebas dari sisa2 bahan kimia. Jika racun
binatang perusak dan bahan kimia tidak digunakan dalam pertanian, terkena debu2
yang berasal dari pabrik dengan jarak 30 km dari tanah pertanian atau tanah2
pertanian yang bersebelahan dengan tanah pertanian organic tersebut masih
menggunakan racun tumbuhan, obat2an, maka hasil tanaman akan tercemar secara
tidak langsung. Hasil yang diproduksi dalam keadaan ini akan dianugerahi penilaian 4-
bintang.

5. Kelas Organik :

Hasil yang diproduksi setelah tanah dibiarkan / tidak digunakan untuk jangka masa 3
tahun, tanpa adanya sumber pencemaran dalam jarak 30 km dari tanah pertanian,
pengawasan terhadap masyarakat yang tinggal disekitarnya, kecepatan kendaraan
yang keluar masuk pertanian yaitu hanya 8 km per jam serta penggunaan racun
binatang perusak dan bahan kimia pertanian yang sangat dilarang, akan dianugerahi
penilaian 5-bintang.

Lingkungan ekologi alami serta pengawasan yang dilakukan oleh manusia telah mencapai standard bebas pencemaran.
Hal seperti ini dinamakan MAKANAN ORGANIK.



Toksin :

Dari kebiasaan cara makan, tubuh manusia akan memperaktif suatu proses yang diketahui sebagai metabolisme untuk menyediakan darah baru dan sel sel baru. Apabila kita menelan makanan melalui kerongkongan, makanan tersebut akan dicerna dan diasimilasikan oleh perut dan usus kecil. Sehingga bagian yang mengandung zat akan tetap berada dalam tubuh sementara sisa2nya akan dibuang. Sebagian sisa2 makanan tidak dapat melalui dinding2 perut dan usus sehingga hal tersebut menjadikan keadaan sama dengan endapan kotoran di bagian dalam pipa air. Maka sisa2 makanan tersebut akan tetap berada dalam tubuh kita yang ditambah lagi dengan adanya lipatan yang berlainan ukuran pada dinding usus. Jika sisa2 makanan tersebut tidak bergerak, sisa2 tersebut akan menjadi kotoran yang tersumbat dalam usus. Jika kotoran dibiarkan disitu terlalu lama, maka akan terjadi proses fermentasi yang berlebihan sehingga bakteri kompleks akan menjadi berlipat ganda di dalam usus tersebut dan akan mengeluarkan unsur2 bertoksin, yang menyebabkan pergerakan bakteri yang berguna di dalam usus menjadi lebih terbatas.

Hal tersebut menjadikan jumlah bakteri kompleks berlipat ganda dan bekerja lebih giat lagi tanpa kita sadari. Akibatnya, tubuh kita akan menderita berbagai penyakit dan rasa tidak nyaman yang tidak diketahui penyebabnya.

Pencemaran udara dan air juga menyebabkan berbagai masalah, seperti, asap cerobong dari pabrik atau asap knalpot dari kendaraan bermotor, gas masak serta air pipa ledeng berklorin akan menambah kandungan toksin ditubuh kita. Kebiasaan merokok dan minum minuman keras juga tidak kurang berbahayanya.

Apalagi bila ditambah lagi dengan rasa khawatir atau masuk angin (terutama emosi negatif seperti terkejut, benci, dan sebagainya), kelenjar kita akan menghasilkan hormon2 dan fermentasi yang menjadikan tubuh kita lebih tegang. Menurut statistik, 70% dari masalah2 penyakit kanker disebabkan oleh ketegangan.

Sebagian sisa2 makanan bertoksin ini akan dibuang melalui ginjal, usus, dan rahim atau dikeluarkan sebagai keringat. Namun masih terdapat banyak unsur bertoksin yang tertinggal serta melekat kuat pada sel, organ tubuh, kelenjar, urat nadi, pembuluh vena, dan beredar di dalam darah. Unsur2 bertoksin tersebut tidak mudah untuk dibuang.

Para dokter berpendapat bahwa penyebab utama timbulnya penyakit adalah unsur bertoksin yang tertumpuk, bukan kuman asing yang berbahaya. Bakteri dan patogen hanya akan mempengaruhi kita apabila terlalu banyak kotoran di dalam tubuh kita yang menyebabkan kita lemah dan tidak berdaya untuk melawannya.

Teori Penyembuhan / Pengobatan Alami :

Henry B. Bieler : “Toksin pada tubuh” merupakan penyebab timbulnya berbagai penyakit pada manusia. Jenis2 penyakit yang dialami ditentukan oleh kerusakan yang disebabkan oleh TOKSIN tersebut.

Menurut Konsep Teori Penyembuhan / Pengobatan Alami,
“Faktor Utama Rasa Sakit Pada Badan Adalah Toksin”


Alam menciptakan manusia sebagai suatu mesin yang sempurna. Walau bagaimanapun, hal tersebut telah dipengaruhi dan dimusnahkan oleh sikap naif, penyalah gunaan dan sikap rakus. Pada mulanya, manusia hidup dalam lingkungan hidup yang alami tanpa pencemaran tanah, udara dan air. Namun kemajuan teknologi dan penggunaan produk2 kimia yang meluas (misalnya racun binatang2 perusak, racun serangga, bahan pengawet, pewarna, bahan tambahan dan lain2) telah mengakibatkan pencemaran lingkungan, udara dan air. Hal tersebut menyebabkan setiap bagian tubuh kita menderita berbagai penyakit, seperti kanker, tumor dan sebagainya.

Sumber Utama Toksin Tubuh > Pencemaran Makanan :

Pencemaran Pertanian :
Walaupun revolusi pertanian telah membawa hasil yang lebih baik, namun sisa2 bahan kimia pada sayur2an dan buah2an telah berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia.Rata2 setiap orang memakan 0,1 kg sayur dan buah yang mengandung racun binatang perusak setiap hari.

Pencemaran Peternakan Hewan :
Setelah produksi makanan laut dan daging berbadan hukum (dikorporasikan), cukup banyak antibiotik telah digunakan untuk mencegah penyakit, sementara berbagai hormon juga digunakan untuk mempercepat pertumbuhan. Antibiotik yang tertinggal dalam daging akan berpengaruh buruk terhadap fungsi kekebalan tubuh kita dengan serius dan membinasakan tisu-tisu sel, sementara itu, hormon2 juga mengganggu pekerjaan normal kelenjar endokrin.

Pencemaran Makanan Yang Diawetkan :
Makanan2 yang diproses seluruhnya menggunakan pewarna, bahan pengawet, pemanis tiruan, ragi tiruan, dan berbagai pewangi tiruan.

Pencemaran Sumber Air :
Untuk mencegah penyakit agar tidak menular, air pipa ledeng telah ditambah dengan klorin yang berlebihan dengan tujuan untuk memusnahkan penularan (wabah). Klorin mengandung unsur2 karsinogenik.



Sebab2 Penumpukan Toksin :

Pada jaman dahulu, kita biasa dengan anggapan bahwa “makan – minum merupakan rahmat”, tanpa menyadari bahwa sebagian dari masalah tubuh kita sebenarnya berasal dari kebiasaan makan. Tidak ada kehidupan di bumi ini selain manusia yang dikatakan “beradab” sanggup memakan makanan yang mengandung sifat asam yang berlebihan (seperti daging, makanan yang dihaluskan seperti nasi putih, roti, gula, manisan, makanan yang digoreng dan berminyak, protein berlebihan dan lain2) disebabkan terlalu banyak makan. Hal tersebut menyebabkan tubuh kita terlalu banyak mengandung asam serta dipenuhi dengan makanan yang tidak dapat dicerna, berfermentasi, busuk dan tidak asli. Makanan yang kita makan setiap hari mengandung bahan2 kimia seperti bahan pengawet, pewarna, antibiotik, perasa tiruan, racun binatang perusak, dan lain2. Seluruh makanan tersebut meningkatkan kandungan racun didalam tubuh kita.

Penumpukan Toksin :

Hal tersebut menunjukkan toksin yang menumpuk dan apabila toksin tersebut terus berada di hati akan mengakibatkan penyakit hati, jika toksin terus berada di dalam darah, toksin tersebut akan dapat mengeraskan saluran darah dan menyebabkan penyakit jantung. Jika terus berada di dalam paru2, toksin tersebut akan menimbulkan lendir dan tanda2 penyakit asma. Bilamana sistim penyaringan kita tidak dapat membersihkan toksin2 tersebut, toksin tersebut akan dikeluarkan melalui kulit sehingga menyebabkan berbagai penyakit kulit. Hal tersebut yang menyebabkan penderita kencing manis terpaksa di amputasi kakinya karena kulit di bagian tersebut bernanah. Sebagian toksin berubah menjadi batu sementara yang lainnya akan terus berada di dalam ginjal, apabila ginjal kita tidak berdaya menangani masalah tersebut akan terjadi perubahan patologi. Jika penumpukan toksin menyebabkan sistim endokrin kita gagal berfungsi, hormon kita akan terpengaruh dalam waktu singkat. Hal tersebut mengakibatkan penyakit kencing manis, masalah haid dan menopause.

“Langkah pertama penyembuhan adalah menghilangkan TOKSIN dari tubuh dan tidak mengontrolnya dengan obat”

“Makan makanan yang tidak mengandung TOKSIN dan tidak tercemar”

Toksin Berbahaya Bagi Tubuh Manusia :


Dalam keadaan biasa, hati kita akan mengeluarkan sisa2 pembuangan melalui saluran usus dan kulit, sementara ginjal mengeluarkan sisa2 pembuangan melalui saluran kencing. Apabila hati dan ginjal kita terluka atau terbebani maka fungsi pembersihan toksin yang biasa tidak dapat dilakukan, toksin didalam tubuh akan menyebar ke dalam darah. Darah bertoksin tersebut jika tidak dapat dihilangkan atau dinetralisir, akan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, naluri daya tahan manusia telah menyesuaikan diri dengan cara2 lain yang mengagumkan.

Daya tahan endokrin akan membawa toksin supaya toksin tersebut dapat dibersihkan melalui organ2 pengeluaran lain seperti kelenjar gondok yang akan memaksa pembersihan toksin melalui sel2 membrane mucus yang berasal dari edothelial dan menyebabkan mukositis.

Kelenjar adrenal akan memaksa ginjal memperkuat fungsi penyaringan sehingga dapat merusak ginjal itu sendiri. Tekanan darah juga meningkat dan menyebabkan serangan penyakit jantung atau berpengaruh buruk terhadap sistim penyebaran lainnya.

Toksin empedu yang dibersihkan oleh hati kita akan dihilangkan melalui kulit sebagai pengganti sehingga menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, bintik2 dan tahi lalat.

Tanda2 permulaan yang menunjukkan badan kurang bersih termasuk : lendir di dalam hidung dan kerongkongan pada waktu bangun pagi, hidung tersumbat atau berair, lidah kotor, nafas berbau, noda darah pada mata, selera makan menurun, perut kembung, masuk angin, pening kepala, ketombe yang berlebihan, keringat yang berlebihan, bau badan, kulit berwarna kekuningan, cepat marah dan lain2.

Pendapat Ahli :

1. Menurut pakar patologi terkenal serta pemenang hadiah Nobel Mal Nikoff :

“Makanan tersumbat dalam sistim usus akan berubah menjadi kotoran yang
berbahaya, ini secara tidak langsung meracuni tubuh lalu mendatangkan penyakit
dan memperpendek umur”. Ini menerangkan diagnosis ‘Self-induced poisoning’
dalam bidang kedokteran.

2. Henry G. Bieler seorang Doktor Amerika telah membuat 4 (empat) kesimpulan
dari pengalaman beliau di bidang kesehatan selama 55 tahun :


1. Penyebab segala penyakit bukan dari bakteri, melainkan toksin yang berawal
dari keracunan makanan. Toksin ini menyebabkan rusaknya sel tisu sehingga
terjangkit bakteri.

2. Dalam banyak masalah penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit ber-
bahaya, efek samping dari obat tersebut bisa membawa maut / kematian.
3. Makanan Organik adalah pilihan terbaik untuk merawat kesehatan dan
menguatkan tubuh.

4. Naturopati memadukan teori dan praktikal pemahaman pengobatan alami,
manusia mengalami sakit karena toksin yang terkumpul secara terus menerus di
dalam tubuh.

Apabila kita sakit, tubuh kita sedang berusaha menghilangkan sisa2 pembuangan, lendir serta toksin yang berusaha menghambat fungsi2 normalnya.

Sisa pembuangan bertoksin (toksin) bukan saja merusak fungsi pencernaan kita yang normal, bahkan akan dibawa oleh darah ke berbagai organ tubuh, lalu merusakkan sistim peredaran (saluran darah), organ penyaringan (sistim hati dan ginjal) dan organ pengeluaran (sistim gastrousus).

Terdapat 3 sistim pembersihan toksin utama di tubuh manusia :

1. Sistim Pencernaan = usus kecil, usus besar
2. Sistim Penyaringan = hati, ginjal, rahim, kulit
3. Sistim Endokrin = kelenjar pituitary, kelenjar pineal, kelenjar gondok, kelenjar
paratiroid, kelenjar timus, kelenjar adrenal, pankreas, kelenjar seks dan lain2.

Kita sakit dan memperlihatkan tanda2 sakit karena tubuh kita gagal menangani toksin yang tertinggal.

Penyakit yang paling biasa diderita akibat penumpukan toksin dalam tubuh adalah:
PILEK, FLU & BRONKITIS.

Keracunan terus menerus dalam tubuh kita dapat mengakibatkan :
Tenaga yang tidak mencukupi bagi jasmani dan rohani, sakit kepala yang serius, sakit tulang belakang, melemahnya daya penglihatan, menggigil, rasa lemah yang berlebihan, sakit otot, tinnitus, batuk kering dan alergi terhadap debu.

Penumpukan toksin pada bagian yang berlainan pada tubuh akan menyebabkan penyakit2 lain :

Penyakit Kulit
Untuk menghindari kelebihan toksin didalam darah yang memperburuk keadaan, racun dalam darah akan berusaha keluar melalui kulit. Penumpukan toksin didalam kulit akan mengakibatkan jerawat, furunkel, dan lain2.

Alergi & Asma

Didalam dada terdapat banyak saluran udara yang ber cabang2, saluran2 udara tersebut membentuk kantong2 udara dibagian ujung dalam paru2. Seandainya badan mengandung banyak toksin terutama sisa2 pembuangan yang bersifat asam, lapisan selaput yang tidak beraturan akan terkena paru2 dan menjadi sensitive, oleh karena itu menyebabkan selaput dipenuhi dengan kotoran yang dapat menyebabkan sakit dan membengkak. Paru2 akan menjadi terlalu aktif dan mengakibatkan penumpukan lendir dalam saluran2. Dalam usaha menetralisir sisa2 pembuangan yang beracun, tubuh kita akan mengeluarkan enzim. Kandungan enzim yang berlebihan biasanya mengakibatkan alergi. Apabila seseorang penderita mencoba mengeluarkan sisa pembuangan yang berlebihan akan terlihat tanda2 seperti asma, batuk, hidung berair, bengkak air di mata, dan lain2. Semua yang berbau akan mengakibatkan alergi asma yang parah. Alergi asma juga terjadi pada kulit misalnya reaksi yang disebabkan oleh suatu makanan atau gigitan serangga dan lain2, selain itu, apabila sisa2 pembuangan berusaha keluar dari lubang roma, hal tersebut akan mengakibatkan eksim, papul, gatal2 dan lain2.

Penyakit Hati

Hati merupakan penyaring tubuh, hati akan berinteraksi dan membersihkan toksin dalam tubuh. Hati yang sakit adalah seperti penyaring yang tersumbat dengan debu dan tidak dapat berfungsi dengan efektif. Hati tidak dapat berfungsi mengeluarkan empedu yang mencukupi bagi mencerna lemak di dalam makanan. Selanjutnya lapisan selaput lemak akan menumpuk di sekeliling makanan sehingga menjadi lebih sulit dicerna. Apalagi bila kita memakan makanan dengan minyak yang berlebihan, hati akan dibebani dengan bahan2 berlemak. Sedangkan empedu yang dipenuhi toksin akan mengalir kembali ke darah yang kemudian mengakibatkan sakit kuning (jaundis). Toksin ini juga mungkin mengeras dan menjadi batu dalam kantong empedu.

Penyakit Jantung & Tekanan Darah Tinggi

Sisa2 pembuangan di dalam saluran darah akan menghambat kelancaran perjalanan darah. Hal tersebut mengakibatkan jantung terpaksa bekerja lebih keras untuk membantu perjalanan darah melalui saluran yang tersumbat. Hal tersebut menyebabkan pembesaran jantung dan selanjutnya mengakibatkan penyakit jantung. Sementara itu, tekanan yang dilakukan terhadap saluran darah akan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Ginjal dan sistim endokrin dalam usahanya membersihkan kotoran di dalam tubuh akan merembeskan berbagai elemen kimia. Hal tersebut juga akan mengakibatkan tekanan darah semakin tinggi. Tanda2 permulaan tekanan darah tinggi adalah pening kepala, pingsan, sesak nafas, cepat lelah, denyutan jantung yang cepat, berkeringat dan lain2. Seandainya tekanan darah meningkat terlalu tinggi, saluran darah didalam otak mudah pecah dan mengakibatkan stroke.

Kantong Empedu & Batu Ginjal

Toksin yang menumpuk di dalam kantong empedu atau buah pinggang mengeras menjadi batu (dari sebesar butir pasir di kantong empedu), sampai dengan sebesar telur angsa.

Pengerasan Saluran Darah

Apabila sisa2 pembuangan beracun melekat pada dinding saluran darah dan menghambat peredaran darah, saluran darah ini lama kelamaan akan mengeras dan menebal. Oleh karena itu jantung kita terpaksa bekerja lebih keras untuk memompa darah ke sel2 tubuh melalui saluran2 darah tersebut. Hal tersebut mengakibatkan tekanan darah tinggi, pembekuan darah, lemah jantung dan stroke.

Sakit Persendian & Tulang Linu

Bagian persendian tulang kita dilapisi oleh tisu2 lembut elastis, yang diketahui sebagai tulang rawan, untuk mengurangi luka yang diakibatkan dari geseran. Disamping itu persendian tulang kita merembeskan sejenis cairan yang memperlicin pergerakan tulang. Cairan ini harus cukup bersih tanpa toksin untuk menjadikan persendian kita lebih kuat dan mudah dibengkokkan. Apabila tubuh kita mengandung toksin bersifat asam, sendi kita akan membengkak, bagian ujung tulang menjadi kasar dan bergerigi, tulang rawan kita mudah kering dan hancur. Dan akhirnya cairan endokrin akan benar2 kering mengakibatkan tulang2 bergeser diantara satu sama lain. Hal tersebut menyebabkan sakit persendian atau atritis. Apabila toksin tersebut berakibat buruk terhadap otot2, kita akan mengalami tulang linu atau rematik.

Tumor

Tumor diakibatkan dari sisa2 pembuangan bertoksin yang menumpuk di berbagai tisu tubuh.

Demam

Demam ialah cara tubuh kita membersihkan diri sendiri. Apabila sel darah putih melawan racun di dalam tubuh, tingkat metabolisme semakin cepat mengakibatkan tubuh kita demam.

Perut Kembung

Makanan yang tidak dapat dicerna akan membusuk di dalam usus menghasilkan gas berbau. Sebagian besar gas tersebut mengalir kembali ke dalam darah yang menyebabkan ketoksinan. Gas tersebut juga mungkin mengalir dari usus ke dalam perut dan selanjutnya mengakibatkan sedu dan buang angin. Gas tersebut juga menghasilkan bau busuk dan rasa asam di mulut.

Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi atau penyakit mulut yang lainnya juga diakibatkan oleh sisa2 pembuangan bertoksin. Sisa pembuangan tersebut melarutkan lapisan enamel di bagian luar gigi lalu merusak susunan dalam. Sehingga, gusi kita semakin rusak, berdarah dan mengakibatkan semua gigi akan menjadi longgar dan tanggal

Sembelit

Sembelit merupakan penyebab utama berbagai penyakit. Apabila sisa pembuangan bertoksin menumpuk pada dinding usus, usus kita akan ditutupi oleh lapisan selaput yang tebal dan berat. Hal tersebut menyebabkan proses pengeluaran pencernaan semakin berkurang. Akibatnya, bahan-bahan yang tidak dapat dicerna akan menyebabkan penyakit gastrousus.

Apabila toksin semakin bertambah sehingga menyumbat saluran pengeluaran, usus kita menjadi lebih keras dan tebal. Hanya sebagian kecil makanan dapat melalui usus yang sempit tersebut. Walaupun penderita tersebut membuang air besar setiap hari, namun toksin yang melapisi dinding usus tersebut sudah mulai meracuni darah. Ditambah lagi dengan gas bertoksin didalam usus yang akan diserap dan disebarkan kembali sehingga menyebabkan berbagai penyakit.

Sebagaian orang menggunakan perangsang untuk menangani masalah sembelit yang kronis. Namun hal itu lebih mempersulit keadaan. Pencahar bertindak merangsang dinding usus untuk mempercepat proses pengeluaran. Namun penggunaan pencahar yang berlebihan akan memperlemah dinding usus. Ahkirnya, dinding usus tidak akan berfungsi tanpa penggunaan pencahar. Bahkan, pencahar mungkin menggunakan air dari bagian tubuh yang lain untuk mencairkan sisa pembuangan bertoksin, sehingga menyebabkan mencret atau dehidrasi.

Sebagian orang lagi memakai laksatif untuk mengurangi sembelit ini, Laksatif dapat memperlancar sisa-sisa pembuangan beracun agar dapat dikeluarkan dengan lancar melalui usus. Penggunaan bahan ini mengganggu pencernaan dan menghambat penyerapan vitamin A, D dan E. Oleh karena itu, anda tidak disarankan untuk memakai pencahar atau laksatif dalam keadaan apapun. Tubuh kita harus dibiarkan kembali ketahap yang murni dan sehat agar sisa pembuangan dapat dikeluarkan secara alami.

Terlalu Gemuk & Kurus

Bentuk tubuh yang tidak normal biasanya berasal dari tingkat metabolisme yang berlebihan. Mereka yang berbadan gemuk mengandung lemak yang berlebihan yang penuh dengan sisa2 pembuangan, sementara mereka yang berbadan kurus tidak berupaya menyerap zat2 makanan dengan efektif akibat tidak dapat mencerna yang diakibatkan oleh metabolisme sisa2 pembuangan.


Makanan Anda Adalah Obat Terbaik


Peraturan yang benar bagi pemeliharaan kesehatan manusia, menurut susunan :
1. Kemampuan Penyembuhan / Pengobatan Alami (Makanan).
2. Kemudian, ketergantungan kepada obat2an.
3. Pembedahan merupakan pilihan terakhir.

Manusia masa kini mempunyai banyak kepercayaan yang tidak benar mengenai obat2an dan tehnik pembedahan. Menjalani pembedahan dan memakan obat tanpa sebab akan menjadikan keadaan dimana “semua orang menggunakan obat” yang akan menuju ke ide palsu bahwa “menggunakan obat merupakan perbuatan untuk menjaga kesehatan”. Orang telah lupa mengenai dasar kesehatan manusia. Siapa saja yang mempunyai pengetahuan obat2an harus menyadari bahwa semua jenis obat2an mengandung toksin dan menimbulkan efek samping. Sebagian obat2an pada permulaannya mungkin dapat menyegarkan kembali tubuh kita, tetapi dengan adanya rangsangan yang bertambah lama kelamaan akan melemahkan tubuh kita.

Seandainya perawatan kesehatan masa kini merupakan jawaban dan jaminan kesehatan, maka masyarakat akan membawa pulang kesehatan mereka dari apotik, karena obat2an tersebut terdapat di mana2 pada masyarakat masa kini. Tidak akan ada penyakit darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung, stroke, kanker, penyakit hati dan lain2. Fakta sebenarnya obat2an hanya dapat menyembuhkan penyakit untuk sementara walaupun dengan kemajuan teknologi. Dasar kesehatan adalah “kembali ke alam yang alami”. Kita dapat memelihara kesehatan nyata dengan merujuk kepada kebenaran jaman dulu “naturopati”, dengan menggunakan ketahanan diri alami tubuh kita untuk menjalani proses penyembuhan / pengobatan yang nyata. Obat2an dan pembedahan harus menjadi pilihan terakhir. Obat yang terbaik adalah makanan anda.

Badan Kita Merupakan Dokter Yang Terbaik
Sistim Kekebalan Adalah Klinik Yang Terbaik


Penyebab utama penyakit masa kini

Pencemaran Lingkungan! Minuman dan Makanan yang tercemar!
Pencemaran Moral! Kurang Berolahraga! Penyalahgunaan Obat!

3 Dasar Penjagaan Kesehatan

1. Makanan = Seimbang, banyak, bersih, tanpa racun tumbuh2an, tanpa bahan
kimia, tanpa pencemaran, kebiasaan makan yang benar.

2. Kesuburan = Ciptakan kebahagiaan, jangan berselisih atau bertengkar dengan
orang, mencari bahan2 bacaan yang lebih bermanfaat dan memberi
semangat, tingkatkan citarasa tersendiri, bergaul secara akrab dengan
teman2 dan saudara.

3. Pemeliharaan = Hidup disiplin, pertahankan cara hidup biasa, jangan tidur lambat,
jangan duduk terlalu lama, lakukan olahraga ringan, menjaga
kebersihan (termasuk lingkungan dan kebersihan diri).


Cara2 Yang Benar Untuk Memperoleh Makanan Organik
Rahasia cara makan yang sehat adalah makan berbagai makanan secara seimbang

4 Kelompok Makanan :

1. Daging dan pengganti daging
2. Kacang kedelai dan produk kacang kedelai
3. Buah2an dan sayur2an
4. Biji2an, kacang2an, gandum dan produk gandum

Pilihlah “makanan organik” yang tidak tercemar oleh bahan kimia, racun serangga, bahan pengawet, bahan tambahan dan lain2. Sedapat mungkin hindari makanan bukan organik.

Makanan kita harus dipilih dengan teliti dari 4 kelompok utama diatas. Daging yang berlainan hendaklah dibersihkan dan dimasak menurut waktu dan cara tertentu untuk menghindari keracunan makanan. Sebaiknya makan lebih banyak buah2an dan sayur2an segar.

Peringatan : Makanan sehat yang seimbang harus banyak mengandung zat, rendah lemak, gula, garam dan kolesterol. Sebaiknya makan makanan yang tidak diproses.

Beberapa saran untuk menyediakan makanan sehat :

1. Buang lemak yang berlebihan sebelum dan sesudah memasak daging.
2. Hindari cara menggoreng, lebih baik merebus (dengan sedikit cairan), membakar atau memanggang.
3. Gantikan garam dengan bumbu2. Coba tambahkan jus jeruk ke dalam sayur2an. Hindari bahan perasa.
4. Kurangi pewarna tiruan, garam atau gula.
5. Jangan makan lemak kental yang berasal dari daging atau keju. Semua jenis lemak meningkatkan resiko kanker usus besar dan
kanker payudara. Hati hewan dan telur berkolesterol tinggi dan mungkin menyebabkan penyakit jantung.
6. Pilihlah buah2an segar sebagai makanan ringan untuk menggntikan kue2 yang sarat dengan “kalori kosong”.
7. Hindari makanan yang diproses seperti sosis, ham, bacon dan lain2 karena makanan tersebut banyak mengandung bahan
tambahan.





Bisnis Organik dan Konsultasi Kesehatan dan Kecantikan
Tips Hidup Sehat sehat langsing
021-73888872

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar